Home » , , » 7 Lagu Mandailing Paling Populer

7 Lagu Mandailing Paling Populer

7 LAGU MANDAILING PALING POPULER
Versi: Kampedia

Photo: wn.com

1.      Marudan marlas ni ari
Lagu ini populer setelah dinyanyikan oleh Hj.Faridah dalam album produksi Kurnia Musik Record. Lagu ini mengisahkan perjuangan orangtua dalam menyekolahkan sang anak, akan tetapi sesudah si anak menjadi orang kaya, ia pun lupa akan jasa-jasa orangtuanya. Lagu ini masih sangat populer dari dulu sampai sekarang. Siapa pun yang mendengar lagu ini pasti akan sangat terharu.

2.      Rerema na rere
Siapa lagi yang belum pernah mendengar lagu rere ma na rere? Tidak lengkap rasanya suatu orja (pesta pernikahan) jika lagu ini belum didendangkan. Lagu ini pertamakali dinyanyikan oleh Mijah Nasution, seorang penyanyi legendaris Mandailing yang juga merupakan adik dari Masdani Nasution. Lagu ini menyampaikan suatu perasaan terharu ketika akan meninggalkan kedua orangtua dan sanak keluarga menuju kampung halaman sang suami. Sampai hari ini lagu rere ma na rere masih tetap menjadi lagu wajib setiap pesta pernikahan di saerah Mandailing.

3.      Panti tu pulau batam
Lagu ini dinyanyikan oleh Ucok Pasaman dalam album perdana MN production. Lagu ini menceritakan seorang anak desa Panti yang harus putus sekolah karena
Faktor ekonomi dan harus pergi merantau ke pulau Batam untuk mengubah nasib. Lagu ini benar-benar membuat pendengarnya ingin meneteskan air mata.

4.      Silinjuang di parbalokan
Lagu ini menceritakan perselisihan antara anggota keluarga tentang batas sawah.  Silinjuang, yaitu salah satu tumbuhan yang sering dijadikan perbatasan tanah pertanian di Mandailing menjadi konflik cerita karena selalu dipindahkan oleh salah satu keluarga yang sedang berseteru. Lagu ini dilantunkan oleh penyanyi fenomenal Odang Lubis dan teman duetnya Masdani Nasution.

5.      Ringgit tu rupiah
Lagu ini diciptakan oleh Top Simamora, lagu ini mengisahkan penantian dan kerinduan seorang ayah terhadap anaknya yang sedang merantau di Malaysia. Lagu ini benar-benar membuat terharu orang yang sedang merantau.

6.      Na gagal marcinta
Lagu ini merupakan salah satu lagu jaman dulu yang sempat diarasement dan dinyanyikan ulang oleh penyanyi-penyanyi Mandailing saat ini. Lagu ini bercerita tentang seorang anak gadis yang telah gagal membina cinta.

7.      Masopak dangka ni ambasang
Puncak kepopuleran lagu ini adalah pada tahun 2012, lagu ini menjadi lagu yang paling sering di request oleh pecinta lagu mandailing di berbagai stasiun radio di Kabupaten Madina. Lagu ini menceritakan dua insan yang memadu kasih namun pada akhirnya tidak jodoh.


0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online