Home » » Dilahirkan Bange 01

Dilahirkan Bange 01

Dilahirkan Bange


Desa berpenduduk seratus tujuh puluh kepala keluarga itu memancarkan kebersahajaan. Pepohonan mahoni tumbuh berjejer di sepanjang kiri dan kanan jalan rayanya. Dedaunan pohon yang tumbuh subur itu, sesekali berguguran ke tanah ditiup angin, sehingga setiap hari akan tampak beberapa warga yang selalu setia tuk membersihkannya.
Pohon-pohon kelapa berdiri mencakar langit di sekeliling pemukiman. Daun dan lidinya tak pernah letih menari-nari di atas awan. Di tengah-tengah pepohonan kelapa itu, tumbuh beberapa pohon pisang. Sebagian ada buahnya yang sudah menguning, pertanda ia sudah ikhlas tuk ditebang tuannya, ada juga yang masih hijau pertanda ia belum mau berpisah dari pohon yang telah melahirkannya.
Rumah-rumah tampak tersusun rapi. Ada rumah panggung, dinding dan lantainya terbuat dari papan. Rumah itu mengisyaratkan bahwa pemiliknya adalah keluarga dari ekonomi kelas bawah. Ada rumah setengah beton, dindingnya masih berupa batubata dan belum disemenisasi. Biasanya, rumah seperti ini kelak akan direnovasi kembali agar tampak bagus. Pun begitu, rumah setengah jadi ini sama saja seperti rumah yang telah selesai pembangunanannya, hanya saja jika dipandang agak sedikit terkesan kurang elegan. Pemilik rumah seperti ini merupakan dari kalangan ekonomi menengah. Selain itu, tampak juga beberapa rumah mewah yang dilapisi granit. Di halamannya terdapat taman berukuran mini yang ditata sedemikian rupa. Di taman itu tumbuh berbagai jenis bunga-bungaan yang membuat setiap orang akan terpana ketika memandangnya. Biasanya rumah seperti ini adalah milik para penduduk dari keluarga ekonomi kelas atas.

Walaupun rumah-rumah itu tampak berbeda, namun semua penduduk yang tinggal di desa itu merasa sama. Sama-sama berasal dari satu lelulur. Sama-sama masih memiliki hubungan persaudaraan. Sama-sama mempunyai adat, budaya dan bahasa yang tak sedikitpun berbeda.

Bersambung....

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online