Home » , » Facebook Lebih Bahaya dari Ular Kobra

Facebook Lebih Bahaya dari Ular Kobra

Facebook Lebih Bahaya dari Ular Kobra 


Setiap sesuatu itu pasti ada sisi positif dan negatifnya, begitu juga dengan Facebook.  Selain mempunyai banyak manfaat, Facebook juga mempunyai banyak mudharat. Jejaring sosial ini sangat berbahaya jika kita tidak pandai mempergunakannya. Bahkan Facebook bisa lebih bahaya dari ular kobra. Anda percaya ?
Kita semua tentu sudah kenal dengan ular kobra, yaitu binatang buas yang sangat mematikan. Siapa saja orang yang berani mendekati ular kobra, pasti akan diterkam. Begitu juga dengan Facebook, bahkan bisa lebih berbahaya lagi dari ular kobra. Apa saja bahayanya? Simak ulasan berikut…!!!
Bahaya Facebook:
1.        Pengguna Facebook lalai akan waktu
2.        Menyebabkan mata pengguna mudah sakit
3.        Dijadikan sebagai tempat kejahatan
4.        Penggunanya menjadi kurang pandai bersosialisasi di dunia nyata
5.        Dijadikan sebagai tempat memperlihatkan luapan emosi
6.        HP/Laptop pengguna cepat rusak
7.        Boros pulsa
8.        Dijadikan sebagai media menentang hukum

1.      Pengguna Facebook Lalai Akan Waktu
Ini adalah dampak yang paling realistis dari penggunaan Facebook. Para penggunanya lalai akan waktu karena tahan berjam-jam di depan layar computer atau gadget untuk megutak-atik akun Facebook. Terlebih-lebih pengguna yang sudah kecanduan, jejaring sosial ini akan membuatnya mudah lupa terhadap kewajiban dan pekerjaan.
Kita boleh-boleh saja menggunakan Facebook, asalkan kita tidak lalai akan waktu. Anda tentu sudah tahu bahwa waktu itu lebih berharga dari uang. “The time is money” Waktu itu adalah uang. Anda juga mungkin belum lupa dengan pepatah tersebut. Saya yakin anda tentu masih mengingatnya. Maka dari itu, mari kita menjadi orang-orang yang selalu menghargai waktu.

2.      Mata Mudah Sakit Karena Terlalu Lama di Depan Komputer
Mata anda sering berair ?. Mata anda terasa perih ?. Anda tidak tau penyebabnya? Terlalu lama di depan computer atau gadget dapat membuat mata kita mudah sakit, bahkan bisa membuat mata rabun. Sebaiknya waktu di depan komputer maksimal dua jam. Jangan kita biasakan menggunakan komputer terlalu lama, agar kesehatan mata tetap terjaga.

3.      Dijadikan Sebagai Tempat Kejahatan
Ya Facebook merupakan ladang subur bagi para penjahat kelas kakap untuk melakukan aksinya. Contoh ini sangat sering kita saksikan berita di televisi. Para pengguna nakal dengan mudahnya menjual barang haram, menipu orang lain dan bisnis prostitusi melalui jejaring sosial ini. Mereka akan melancarkan aksi kepada calon korban dengan berbagai modus, Sehingga si korban ini percaya akan bujuk rayu mereka.

4.      Penggunanya Menjadi Kurang Pandai Bergaul Di Dunia Nyata
Pada dasarnya kita selaku manusia butuh terhadap orang lain. Akan tetapi karena terlalu sering online di Facebook, kita merasa seolah tidak membutuhkan orang lain lagi. Kita bahkan merasa teman di dunia maya (Facebook) itu lebih penting daripada teman di dunia nyata. Padahal teman di dunia maya itu pada umumnya tidaklah kita kenal.
Kita sebagai pengguna Facebook menjadi kurang pandai bergaul di dunia nyata bisa jadi karena terlalu sering bergaul di dunia maya. Kita akan kurang pandai bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, karena kita merasa mempunyai banyak teman di dunia maya. Bahkan kita terkadang terlalu egois bahwa kita tidak membutuhkan teman di dunia nyata lagi. Sungguh terlalu, kata Bang Haji Rhoma.
Walaupun punya banyak teman di dunia maya, tidak seharusnya kita menutup diri tehadap lingkungan di sekitar kita, dunia nyata. Jangan sampai orang di sekitar kita benci dan menjauhi kita. Sebab bagaimanapun juga, suatu saat kita pasti akan butuh terhadap orang lain. Anda percaya?. Harus.

5.      Dijadikan Sebagai Tempat Memperlihatkan Luapan Emosi
Setiap orang pasti merasakan berbagai perasaan baik itu senang, susah, sedih, terharu dan lain sebagainya. Luapan emosi tersebut tentu tidak dapat kita pungkiri. Luapan emosi akan membahayakan jika kita tidak bisa menempatkannya pada tempatnya. Di Facebook beragam luapan emosi dapat kita saksikan setiap menit, bahkan detik. 
Berbagai perasaan dan luapan emosi selalu dipublikasikan oleh para penggunanya. Sebagai contoh “Galau banget, gue benar-benar benci sama dia, aku gak butuh perhatianmu lagi”. Itu hanyalah segelintir status luapan emosi yang seharusnya tidak perlu dipublikasikan. Karena sudah terlalu kecanduan, segala aktivitas selalu diupdate ke dinding Facebook. Kalau kita perhatikan, sebenarnya orang lain tidak selalu sempat membaca status yang kita update. Mereka bahkan malas untuk membacanya, terlebih-lebih status yang dianggap tidak penting.
Sebaiknya kita tidak perlu mengupdate status yang memperlihatkan luapan perasaan dan emosi kita, agar orang lain tidak mengetahui situasi perasaan kita pada saat-saat tertentu. Apabila kita mempunyai lawan atau musuh, tanpa sengaja melihat status galau yang kita buat, bisa jadi ia akan senang melihat perasaan yang kita alami. Maka dari itu, jangan sekali-kali membuat status galau. Galau…???. Gak la yau…!!!

6.      HP/Laptop Penggunanya Cepat Rusak
Saking asyiknya main facebook, batere Handphone atau laptop kadang  tidak kita sadari sudah habis. Terus biasanya kita ngecas sambil make Handphone atau laptop itu.  Tahukah anda bahwa HP atau laptop akan mudah rusak apabila terlalu sering dimainkan ketika HP/laptop sedang dicas?. Belum ???. Sekarang anda sudah saya kasi tahu. Oleh karena itu kalau kita online atau membuka Facebook, sebaiknya jangan terlalu lama agar HP atau laptop kita tetap bagus dan tidak mudah rusak.

7.      Boros Pulsa
Terlalu sering bermain Facebook dapat menhabiskan pulsa HP atau data modem anda. Kalau anda setiap hari main Facebook,  sudah berapa rupiah pulsa yang anda habiskan?. Coba kita hitung, jika setiap hari anda main Facebook.
Kalau setiap hari anda mengeluarkan uang dua ribu rupiah dari pulsa HP atau data modem untuk main Fecebook,  selama satu minggu berarti empat belas ribu, kalau satu bulan atau satu tahun?. Uang kita akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu sebaiknya kita jangan terlalu sering main Facebook, apalagi kalau kita masih berstatus sebagai seorang mahasiswa. Sangat disayangkan kalau setiap hari membeli pulsa, hanya untuk main Facebook.

8.      Dijadikan Sebagai Media Menentang Hukum
Contoh ini lebih sering terjadi di dunia barat. Facebook dijadikan penggunanya sebagai media menentang hukum. Di Inggris, pihak yang tersangkut hukum membuat grup yang sangat provakatif dan melawan hukum, sehingga mereka harus berurusan dengan pihak yang berwenang.
Kasus yang satu ini masih sangat jarang terjadi dan jangan sampai terjadi di negara kita tercinta ini, agar bangsa kita aman dalam kemakmuran dan makmur dalam kemanan.
Majulah negeriku!
Jayalah bangsaku!

I love you!

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online