Home » » Hujan Sakit 05

Hujan Sakit 05


Dayat pun menitikkan air mata ketika memandang wajah emaknya. Perasaan yang sedang dirasakan emaknya itu ia rasakan dalam getaran nafasnya. Ia berdoa dalam hati agar emaknya diberikan kekuatan oleh tuhan. Hati kecilnya berkata, suatu saat kelak ia akan membahagiakan kedua orangtuanya. Dayat coba membuka mulutnya meski terasa sangat keluh. Ia coba tuk membalas ucapan kedua orangtuanya itu meski dengan suara terbata-bata.
“Mak, Yah, Dayat tidak kenapa-napa. Emak jangan menangis”
“Iya sayang. Emak cuma sedih saja melihatmu terbujur kaku di ranjang ini”
“Besok Dayat pasti akan sehat. Emak jangan khawatir lagi”
Kata-kata yang keluar dari lidah putra sulungnya itu sedikit memberi kedamaian hati bagi Aminah. Walaupun Dayat hanya mampu berucap beberapa penggal kata saja, namun itu sudah cukup pertanda bagi Aminah bahwa anaknya itu akan segera sembuh.
***
Anak itu bukan lagi seorang manusia pesimis seperti beberapa hari yang lalu. Hanya bisa berbaring di ranjang. Tak punya tenaga. Tak punya asa dan rasa. Sekarang ia tampak gagah. Beridiri dengan tegar. Melangkah bebas. Memandang dunia dengan optimis. Ia tidak kenal lagi kata pesimis, tangis, teriris. Ia kembali berjalan dengan ikhlas menjejaki setiap jengkal tanah yang dibentangkan tuhan.
Hari ini Dayat berangkat ke sawah dengan semangat menggebu. Hari ini merupakan pertama kalinya ia ke sawah setelah kemarin jatuh sakit. Ia berjalan di samping emaknya yang sedang menyandang aronduk[1]. Sembari berjalan, sesekali Aminah memberi petuah kepada putra sulungnya itu agar menjadi anak yang baik. Ia tidak akan pernah jenuh untuk mengalirkan kata-kata mutiara dari lisan lemahnya. Kapanpun. Dimanapun. Bagaimanapun. Baginya, Dayat merupakan seorang pangeran kecil yang harus selalu dituntun agar suatu saat bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang banyak.

Bersambung.....




[1] Bahasa Mandailing, sebuah tas sandang berwarna putih yang biasa digunakan orang-orang Mandailing sebagai tempat membawa perlengkapan ke sawah atau ke ladang

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online