Home » » Mainan di Pasar Malintang 04

Mainan di Pasar Malintang 04


“Iya Nak, kita belum ada uang untuk membelinya. Tadi kata ayah, Dayat akan dibelikan mainan kalau kita sudah punya cukup uang”
“Iya Mak” jawab anak itu dengan suara penuh harap.
Pikiran anak itu masih tertinggal pada mainan yang ia lihat tadi. Dari raut wajahnya tampak bahwa ia sangat berharap bisa memiliki mainan itu. Teman-teman sebayanya semua sudah membelinya. Mainan mobil-mobilan itu memang saat ini sedang musim-musimnya. Harganya lumayan mahal. Semua anak sebaya Dayat sudah menghasut para orangtua mereka agar dibelikan mobil-mobilan itu. Jika tidak, anak-anak itu akan menangis sepanjang hari.
Hanya Dayat sendiri yang belum memiliki mainan itu. Anak yang kalem itu seolah sadar bahwa orangtua teman-teman sebayanya itu mampu untuk membelinya, sedangkan orantuanya tidak. Iya hanya bisa menanti janji yang diumbar ayahnya lewat kata-kata semanis madu tadi.
Jenuh memang, entah sampai kapan Dayat harus menunggu janji ayahnya itu. Mungkinkah akan terwujud atau hanya sebuah harapan palsu belaka. Ia serasa menunggu kedatangan presiden ke kampungnya yang entah sampai kapan akan menjadi nyata. Sabar, satu kata yang selalu emaknya ucapkan ketika ia sedang mengharapkan sesuatu. Nalurinya sebagai anak kecil ingin berontak dan ingin semua permintaannya dituruti, namun petuah yang selalu mengalir dari lisan kedua orangtuanya telah terlebih dahulu membentengi semua keinginannya.
Dayat adalah seorang anak kecil yang sadar akan realita kehidupan yang ada di hadapannya. Kemiskinan telah terlebih dahulu mendewasakan pikirannya. Ia senantiasa menjaga perasaan kedua manusia yang telah menggantungkan mimpi besar pada lehernya. Berat untuk memikulnya. Ia merasa seakan memikul berat padi yang dimasukkan ke dalam karung goni lalu ditaruh di atas pundaknya. Kemudian ia harus melewati jalan panjang, berliku, berlumpur dan berduri untuk membawa padi-padi dalam goni itu.


Bersambung.....

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online