Home » , » Pengguna Facebook di Arab Saudi Melebihi Jumlah Pembaca Koran

Pengguna Facebook di Arab Saudi Melebihi Jumlah Pembaca Koran

Pengguna Facebook di Arab Saudi Melebihi Jumlah Pembaca Koran


Wabah Facebook di Arab Saudi tidak hanya di kalangan kaula muda, akan tetapi para orangtua juga tidak mau kalah ambil bagian dari situs ini. Dengan berbagai alasan, sebagian mengatakan bahwa bermain Facebook digunakan untuk mengusir perasaan bosan, untuk mencari informasi, untuk menjalin silaturrahmi dan lain sebagainya.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Socialbakers, bahwa kini Arab Saudi menjadi salah satu negara yang paling panyak memainkan game online di Facebook. Sekitar 207.250 pengguna memainkan game farmville dan 189.523 pengguna lain memainkan game city ville.
Di sisi lain sebagian pengguna menentang adanya kebiasaan ini sebab para orangtua menganggap fenomena ini dapat mengurangi waktu belajar anak-anaknya. Pernah beredar kabar juga bahwa beberapa kantor di Arab Saudi akan memblokir jejaring sosial ini, karena beberapa alasan tertentu. Selain itu ada juga penduduk Arab Saudi yang dihukum penjara karena menggunakan Facebook sebagai sarana melancarkan protes kepada pemerintah.
Di negeri gurun pasir ini, Facebook telah melebihi jumlah pembaca koran, sebuah survei yang dilakukan Spot on Public Relation menyatakan bahwa pengguna Facebook di Arab mencapai 15 juta orang sedangkan pembaca koran barbahasa Arab, Inggris dan Prancis jumlahnya kurang dari 14 juta orang. Survei ini menunjukkan bahwa pengguna Facebook di Arab Saudi melonjak drastis dari waktu ke waktu.  

Facebook Versi bahasa Arab diluncurkan pada tahun 2009 karena sebelumnya pengguna di Arab menggunakan versi Inggris ketika berinteraksi dengan pengguna lain. Dengan peluncuran ini, kini penggunanya bisa menulis pesan atau status dengan Bahasa Arab dan bentuk penulisannya dari kanan ke kiri. Mereka semakin mudah menggunakannya karena sebelumnya mereka harus menulis status dengan tulisan latin.

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online