Home » , » Zainuddin Mz, Sang Penceramah yang Lugas & Karismatik

Zainuddin Mz, Sang Penceramah yang Lugas & Karismatik

Zainuddin Mz, Sang Penceramah yang Lugas & Karismatik


 Photo: Internet
A.  Masa Kecil
Zainuddin adalah anak tunggal pasangan Turmudzi dan Zainabun dari Betawi asli. Diwaktu kecil bakat Zainuddin sudah terlihat karena kemahirannya berpidato. Ia suka naik ke atas meja untuk berpidato di depan tamu yang berkunjung ke rumah kakeknya.
Kemahiran berpidatonya itu tersalurkan ketika masuk Madrasah Tsanawiyah hingga tamat Madrasah Aliyah di Darul Ma’arif, Jakarta. Di sekolah ini ia belajar pidato dalam forum Ta’limul Muhadharah (belajar berpidato).
Kebiasaannya membanyol dan mendongeng terus berkembang. Setiap kali tampil, ia memukau teman-temannya. Kemampuannya itu terus terasah, berbarengan permintaan ceramah yang terus mengalir.

B.  Karier
Karena kemahiran Zainuddin berceramah, ia sering diundang untuk mengisi berbagai acara, dakwah yang ia sampaikan sangat memukau orang-orang yang turut hadir menyaksikannya. Caranya dalam menyampaikan ceramah sangat khas dimata penggemarnya, orang yang mendengar ceramah beliau akan merasa senang karena gaya bahasa yang ia ucapkan sangat bermakna dan puitis. Beliau lah ahli dakwah yang pada saat ini belum ada tandingannya di Indonesia.
Suami Hj. Kholilah ini semakin dikenal masyarakat ketika ceramahnya mulai memasuki dunia rekaman. Kasetnya beredar bukan saja di seluruh pelosok Nusantara, tapi juga ke beberapa negara Asia. Sejak itu, da’i  yang satu ini mulai dilirik oleh beberapa stasiun televisi. Bahkan dikontrak oleh sebuah biro perjalanan haji yang bekerjasama dengan televisi swasta bersafari bersama artis ke berbagai daerah yang disebut "Nada dan Dakwah".
Kepiawaian ceramahnya sempat mengantarkan Zainuddin ke dunia politik. Pada tahun 1977-1982 ia bergabung dengan partai berlambang Ka’bah (PPP). Jabatannya pun bertambah, selain da’i juga sebagai politikus. Selain itu, keterlibatannya dalam PPP tidak bisa dilepaskan dari guru ngajinya, KH Idham Chalid. Sebab, gurunya yang pernah jadi ketua umum PBNU itu salah seorang deklarator PPP.
Sebelum masuk DPP, dia sudah menjadi pengurus aktif PPP, yakni menjadi anggota dewan penasihat DPW DKI Jakarta. Lebih jauh lagi, berkat kelihaiannya mengomunikasikan ajaran agama dengan gaya tutur yang luwes, sederhana, dan dibumbui humor segar,.
 Pada 20 Januari 2002 K.H. Zainudiin M.Z. bersama rekan-rekannya mendeklarasikan PPP Reformasi yang kemudian berubah nama menjadi Partai Bintang Reformasi dalam Muktamar Luar Biasa pada 8-9 April 2003 di Jakarta. Ia juga secara resmi ditetapkan sebagai calon presiden oleh partai ini. Zainuddin MZ menjabat sebagai Ketua umum PBR sampai tahun 2006.

C.  Masuk Partai karena Penasaran
Sesungguhnya apa yang membuat KH Zainuddin M.Z. dulu bisa terangsang masuk PPP? Ternyata, jawabannya sepele, sebagaimana dikemukakannya kepada Jawa Pos. "Karena saya penasaran mengapa partai berbasis Islam tidak memenangkan pemilu. Ketika ia baru masuk, karena popularitasnya, ia dengan cepat bisa langsung menempati posisi salah satu ketua DPP.
Namun, tampaknya, itu sekadar cerita masa lalu. Harapan PPP untuk memanfaatkan dai sejuta umat untuk mendongkrak perolehan suaranya (jadi vote-getter) yang jeblok pada Pemilu 1999 justru menjadi persoalan baru. Pasalnya, Zainuddin hengkang dari PPP dan mendeklerasikan PPP Reformasi (Sekarang Partai Bintang Reformasi)

D.  Wafat
Zainuddin meninggal dunia pada 5 Juli 2011 dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Pusat Pertamina, karena serangan jantung dan gula darah. Beliau meninggal setelah sarapan bersama keluarga di rumahnya Gandaria I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Semoga semua amalan beliau diterima di sisi Allah SWT. Walaupun sekarang beliau sudah tidak ada lagi di hadapan kita, namun semua mutiara kata yang beliau ucapkan takkan pernah hilang dari relung hati kita.

“Allah senang dengan orangtua yang rajin ibadah, tapi Allah lebih senang melihat anak muda yang rajin ibadah”

-Zainuddin MZ-

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online