Home » » Juara Satu 02

Juara Satu 02


“Dayat sama emak sedang apa, kelihatannya bahagia sekali ?” ujar Hasan tiba-tiba datang ke rumah.
“Ini Bang, anakmu Dayat dapat juara satu di kelas”
“Apa ?” ujar Hasan seolah tak percaya.
“Iya yah, Dayat dapat juara satu” Aminah kembali menguatkan perkataannya itu.
Alhamdulillah. Ayah tidak menyangka Dayat bisa dapat juara satu”
“Emak juga yah, tidak menyangka”
“Siapa dulu ayahnya” sahut Hasan mencoba sedikit bergurau.
Jangankan juara satu, seandainya Dayat hanya dapat rangking sepuluh besar saja di kelasnya, Hasan tentu sudah sangat bahagia. Ia tak pernah memaksakan jagoan kecilnya itu harus mendapat juara satu. Ia dan istrinya menyadari bahwa mereka tidaklah pernah mewarisi kepintaran kepada putra sulungnya itu. Mereka berdua hanyalah pasangan suami istri yang tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Kemampuan mereka juga hanyalah sekedar bisa membaca dan menulis saja.
Mungkin karena nasehat yang selalu mengalir dari lisan merekalah yang membuat asa Dayat semakin kuat, sehingga menjadikannya tumbuh menjadi anak yang baik, cerdas dan penurut. Dalam setiap kesempatan, memang kedua manusia mulia itu selalu mengatakan agar putra sulung mereka itu harus rajin belajar agar kelak menjadi orang sukses.
Aminah dan Hasan tidak tahu lagi harus berkata apa di hadapan anak yang jenius itu. Walaupun saat ini mereka belum bisa memberikan sesuatu kepada Dayat berupa hadiah, setidaknya semangat suami istri itu akan kian membara untuk bekerja mencari kebutuhan sekolah anaknya.

Rasa lelah Yang dirasakan Hasan dan Aminah sepanjang tahun serasa sirna. Perassan itu telah berganti dengan asa membuncah yang akan tetap menggelora seiring dengan meggeloranya semangat Dayat tuk sekolah. Mereka berharap, kelak anak itu bisa menempuh pendidikan tinggi. Mereka percaya akan kalam tuhan. Jika tuhan berkata terjadilah, maka sesuatu yang mustahil pun akan bisa terjadi.

Bersambung.....

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online