Home » » Marga 02

Marga 02


“Terus, tadi om itu memanggil Dayat dengan sebutan batu Yah. Dayat tidak suka. Apa dia pikir Dayat seperti batu”
“Hehe.. Anak ayah yang ganteng kok disamakan dengan batu. Maksud om Jalandit tadi memanggil Dayat dengan nama batu, bukan karena Dayat seperti batu”
“Lantas ?”
“Om itu memanggil begitu, karena marga Dayat itu Batubara. Jadi panggilannya Bayo Batu. Bayo Batu itu maksudnya seorang laki-laki yang bermarga Batubara”
“Benarkah ?”
“Iya sayang”
“Kok kita kenapa bisa punya marga. Marga Batubara itu berasal dari mana sih Yah ?”
“Menurut satu keterangan yang ayah dengar turun temurun, leluhur marga Batubara itu berasal dari daerah kerajaan Batubara. Dulu daerah itu merupakan wilayah kabupaten Asahan, akan tetapi beberapa tahun terakhir ini, daerah itu sudah berdiri sendiri menjadi kabupaten yang bernama Batubara. Jadi moyang kita hijrah dari sana ke daerah Simpang Banyak, Ulu Pungkut, Mandailing. Mereka lama menetap di Simpang Banyak. Akhirnya marga Batubara itu lebih dikenal berasal dari Simpang Banyak, Ulu Pungkut”
“O begitu ya Yah”

“Iya. Marga itu adalah identitas kita sebagai orang yang berasal dari Sumatera Utara. Semua penduduk asli Sumatera Utara itu mempunyai marga, kecuali Melayu. Melayu itu juga merupakan penduduk asli yang mendiami daerah Medan dan kabupaten-kabupaten di sekitarnya. Contoh marga-marga orang Mandailing itu antara lain: Batubara, Nasution, Lubis, Hasibuan dan sebagainya. Marga orang Batak antara lain: Situmorang, Nababan dan Sitohang. Marga orang Karo antara lain Sembiring dan Ginting. Marga orang Nias antara lain Warugo dan Amuata. Selain Sumatera Utara, ada juga daerah lain di Indonesia yang mempunyai marga seperti beberapa daerah di pulau Sulawesi, Maluku dan Papua”

Bersambung.....

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online