Home » » Sawah 01

Sawah 01

Sawah


Anak-anak berseragam merah putih berjalan merayap bak gerombolan semut yang hendak mengerumuni gula. Sebagian dari mereka ada yang bernyanyi sembari melangkah dengan perlahan. Ada yang asyik mengobrol tentang pelajaran di sekolah tadi. Sebagian lagi ada yang hanya diam saja, dengan pandangan ke depan, mereka melangkah dengan kehati-hatian tingkat tinggi ketika sedang berjalan di pinggiran kenderaan yang hilir mudik di jalan raya itu.
Dayat dan Rahman sesekali meminggir ketika ada kenderaan yang melaju cepat di samping mereka. Kenderaan-kenderaan itu tampak tak mau mengalah kepada para anak sekolah yang sedang menuju ke rumah masing-masing itu.
“Rahman, aku duluan ya” ujar Dayat ketika sudah sampai di simpang rumahnya.
“Iya, hati-hati di jalan”
***

Setelah sampai di rumah, Dayat makan siang, lalu bergegas ke luar. Ia berjalan melintasi jalan setapak yang dipenuhi rerumputan kecil di samping kiri dan kanan. Rumput-rumput itu berdiri bak para satpam yang sedang menyambut tamu undangan. Belalang-belalang berterbangan di hadapannya. Sesekali ia coba tuk menangkap makhluk yang menggemaskan itu. Tak satupun berhasil ia dapatkan. Ia tahu, belalang-belalang itu ingin hidup bebas. Itu yang menjadi penyebab ia tidak terlalu ambisius harus mendapatkan hewan-hewan unik itu.

Bersambung.....

0 comments:

Berlangganan Kampedia Gratis

Terpopuler di Kampedia

Kirim Pesan ke Kampedia

Name

Email *

Message *

Online